Deskripsi Program Studi
PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI
PROFIL
Program S2 Dharma Acariya didirikan pada tahun 2012, Program S2 Dharma Acariya memiliki mata kuliah yang terbagi dari Mata Kuliah Wajib Umum (WUM), Mata Kuliah Wajib Prodi (WPR) dan Mata Kuliah Pilihan (WPL).
Program Studi S2 Dharma Acariya mendapatkan akreditasi pertama pada tanggal 12 Juli 2012.
KOMPETENSI
KETERAMPILAN UMUM | GENERAL SKILLS |
a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara-bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; |
a. Capable of developing logical, critical, systematic, and creative thoughts through scientific researches, creation of design or artworks in the field of science and technology that observes and applies humanistic values in line with his/her expertise, compiling scientific concept and its review based on scientific rules, procedure, and ethics in the form of thesis, publishing articles in nationally accredited scientific journals and acquiring international recognition through scientific presentation or its equivalence;
b. Capable of doing academic validation or review in line with his/her expertise in solving problems in the community or relevant industries through knowledge and expertise development; c. Capable of compiling ideas, thoughts, and scientific arguments responsibly and based on academic ethics, and communicating it through the media to the academic community and general public; d. Capable of identifying scientific field as his/her research object and positioning into a research map developed through interdisciplinary or multidisciplinary approaches; e. Capable of making decisions in solving problems in science and technology while observing and applying humanistic values based on the results of analysis or experimentation upon information and data, f. Capable of managing, developing and maintaining working network with colleagues, peers within the institution and wider research community, g. Capable of improving learning capacity autonomously; h. Capable of doing documentation, storage, safeguarding and retrieving data in order to ensure validity and avoid plagiarism. |
KETERAMPILAN KHUSUS | SPECIFIC SKILLS |
1. Mengembangkan model-model pembelajaran sesuai dengan Tipitaka melalui riset interdisiplin,
2. Melakukan inovasi manajemen pendidikan sesuai dengan nilai-nilai Agama Buddha. |
a. To develop learning models in line with Tipitaka through interdisciplinary researches,
b. To make innovation in learning management in line with Buddhist values. |
PENGUASAAN PENGETAHUAN | KNOWLEDGE MASTERY |
1. Menguasai teori manajemen pendidikan, psikologi pendidikan, psikologi Buddhis, statistik, pluralitas, desain dan strategi pembelajaran.
2. Menguasai konsep Visuddhi Magga, Agama Buddha dan pendidikan, filsafat pendidikan, Mahayana, Tipitaka dan Kitab Komentar. 3. Menguasai teori aplikasi bahasa inggris, sistem informasi manajemen, statistik pendidikan, manajemen pendidikan dan sumber daya manusia, dan metodologi penelitan. 4. Menguasai keterampilan memimpin organisasi pendidikan dan keagamaan, 5. Menguasai keterampilan melakukan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran Agama Buddha, 6. Menguasai keterampilan mengelola pembelajaran Agama Buddha pada jenjang strata satu, 7. Menguasai keterampilan menulis dan mempublikasikan karya ilmiah dalam bidang Agama Buddha dan pendidikan, |
1. Mastering the theory of education management, educational psychology, Buddhist psychology, statistic, pluralism, learning design and strategy.
2. Mastering the concept of Visuddhi Magga, Buddhism and education, educational philosophy, Mahayana, Tipitaka and the Commentary Book. 3. Mastering application theory on English language, management information system, educational statistics, education and human resources management, and research methodology. 4. Mastering the skill to lead educational and religious organizations, 5. Mastering the skill to do monitoring and evaluation on Buddhism learning process, 6. Mastering skill in the management of Buddhism study at bachelor (S1) level, 7. Mastering writing skill and publishing scientific articles on Buddhism and education, |